Kapolres Aceh Besar Menghadiri Rapat Koordinasi Konsolidasi Kesiapan Pengawasan dan Pemantauan Penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Aceh Besar 2017

masukkk-1.jpg

Aceh Besar – Senin (13/02/2017) pukul 10.00 – 12.17 wib bertempat di Restauran Riung Gunung Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar telah berlangsung rapat koordinasi konsolidasi kesiapan pengawasan dan pemantauan penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Aceh Besar 2017.

Dalam acara yang dilaksanakan di Restauran Riung Gunung Kota Jantho, turut Hadir dalam kegiatan tersebut :
a. Drs. Syamsul Rizal, M. Kes Wakil Bupati Aceh Besar.
b. AKBP Drs Heru Suprihasto, SH Kapolres Aceh Besar.
c. AKBP Afrizal Pamatwil Aceh Besar Polda Aceh.
d. Kompol Zuliadin, SH Kabag Ops Polres Aceh Besar.
e. Mayor Inf Kristanto Pasi Intel Kodim 0101/BS
f. Drs. Iskandar, M. Si Plt. Sekda Aceh Besar.
g. Cut Agus Fatillah, SH Ketua KIP Aceh Besar.
h. Mizan Muhammad Ketua Panwaslih Aceh Besar.
i. IPTU Supriadi, S. Sos Kasat Intelkan Polres Aceh Besar.
j. AKP Mahfud, SH MH Kasat Reskrim Polres Aceh Besar.
k. Drs. T. M. Noor Kabankesbang Aceh Besar.
l. Drs. Munchi Abdullah Kadisdukcapil Aceh Besar.
m. Rahmadaniaty Kasatpol PP Aceh Besar.
n. 23 Camat lingkungan Pemerintahan KabupatenAceh Besar.

a. Sambutan Kakesbang Aceh Besar :
1. Untuk telaksananya pilkada dengan tertib dan lancar mengharapkan koordinasi aktif antara tim dan aparat keamanan berikut KIP dan Panwaslih.
2. Pemerintah selaku fasilitator siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilukada di Aceh Besar tahun 2017.

b. Sambutan Wakil Bupati Aceh Besar :
1. Penyelenggaraan Pemilukada memasuki H – 2, rapat koordinasi bertujuan untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada bersama Pemerintahan Aceh Besar berikut unsur Kecamatan dengan Aparat Polri dan TNI.
2. Mengharapakan unsur Kecamatan dapat memaparkan situasi dan kondisi wilayah yang dapat mempengaruhi penyelenggaraan Pemilukada.
3. Terkait kondisi H – 2, Pemda Aceh Besar telah memantau adanya kegiatan penertiban APK Kampanye oleh Satpol PP Aceh Besar yang dilaksanakan sejak 12 – 13 Februari 2017 serta mengharapkan Panwaslih dapat menyertai kegiatan tersebut sebagaimana tupoksi Panwaslih.
4. Mengharapkan agar dimasa tenang tidak ada kegiatan bernuansa Politik yang dilaksanakan oleh kedua Paslon.
5. Pemerintah Kab. Aceh Besar akan menyelurkan Dana NPHD kepada Pabwaslih Aceh Besar sebanyak > 2 M untuk memaksimalkan kinerja Panwaslih, namun keterlambatan tersebut disebabkan oleh kondisi Pemerintahan Kab. Aceh Besar yang konsentrasi dengan SOTK Pemkab Aceh Besar.

c. Sambutan Kapolres Aceh Besar :
1. Pihak keamanan telah melakukan langkah langkah memaksimalkan pengamanan Pemilukada berupa penggunaan Pers BKO Brimob untuk menjangkau lokasi TPS rawan dan jarak tempuh yang jauh dari Polsek.
2. Linmas penyelenggara Pemilukada Aceh Besar terindikasi merupakan simpatisan Partai yang mempengaruhi ketidak netralitasan Pemilukada.
3. Camat agar dapat melakukan pencegahan serta penekanan kepada Linmas untuk menjunjung Netralitas Pemilukada.
4. Camat untuk dapat mengkoordinir penempatan TPS dengan memaksimalkan lokasi yang dapat dan mudah dijangkau.
5. Telah menyiapkan pengawalan Rekapitulasi Suara Pemilihan dari PPK menuju KIP Aceh Besar.
6. Masih banyak APK yang belum ditertibkan ditengah minimnya konsekuensi Paslon / Tim pemenangan tidak menghiraukan aturan dalam masa tenang.
7. Camat untuk dapat melaporkan kegiatan yang mencurigakan serta indikasi pelanggaran Pemilukada serta pontensi Guantibmas.
8. Indikasi dilapangan yang dilakukan untuk menyusupi kepentingan Politik ditengah momen peringatan Maulid oleh kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar.
9. Polres Aceh Besar memiliki 40 Tahanan untuk kiranya KIP mengakomodir keikut sertaan para Tahanan untuk memberikan suara dan hak pilihnya.

d. Sambutan Ketua KIP Aceh Besar :
1. Mengharapkan kepada Camat agar lebih intens untuk melaksanakan komunikasi dengan Keuchik dalam penyelenggaraan Pemilukada.
2. Berdasarkan rekomendasi Panwas untuk ditindak lanjuti ke PPK untuk lokasi TPS dapat ditentukan pada Meunasah Meunasah Desa
3. Menimalisir timbulnya Guantibmas mengharapkan kepada Camat agar Logistik dapat ditempatkan di Kantor Kecamatan dengan pengawalan dan Pengamanan Kepolisian.
4. KIP Aceh telah menetapkan untuk pendistribusian Logistik terhadap lokasi berjarak tempuh jauh akan didistribusikan pada H – 1 meminimalisir pengaruh adanya intimidasi terhadap PPK Kecamatan.
5. Pendistribusian Logistik ke wilayah Kepulauan telah direspon Positif oleh Airud Polda Aceh serta diterangkan akan dipublikasi oleh media cetak dan online skala Nasional.
6. Akan memprioritaskan hak Pilih Tahanan LP sebagaimana aturan yang berlaku.
7. Pengadaan Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar dilakukan oleh KPU RI dan segala kelebihan anggaran pengadaan melalui KIP Aceh Besar akan dikembalikan ke Kas Daerah Kab. Aceh Besar.
8. Telah melakukan komunikasi bersama Paslon untuk tidak melakukan pelanggaran masa tenang Kampanye serta intimidasi terhadap masyarakat.

e. Sambutan Kasatpol PP Aceh Besar :
1. Polresta telah menghimbau tim Pemenangan Paslon di Kab. Aceh Besar (10 Kecamatan Khususnya) untuk menurunkan APK, namun fakta dilapangan masyoritas keseluruhanya masih terpasang dan sebagianya telah ditertibkan oleh Sat Pol PP Aceh Besar.
2. Meminta aturan serta kesiapan Panwas sehubungan dengan penertiban APK oleh Satpol PP mencegah timbulnya kimplain.

f. Sambutan Ketua Panwaslih Aceh Besar :
1. Terkait penertiban APK, telah menghimbau serta menyurati Tim pemenangan untuk membersihkan seluruh APK masing masing Calon, namun fakta di pedalaman Desa khususnya masih banyak terdapat APK.
2. Telah mendapatkan wewenang sebagaimana instruksi Panwaslu RI untuk bersama Panwascam melakukan penertiban APK dibantu Satpol PP Aceh Besar.
3. Panwaslih bersama KIP Aceh Besar telah bersepakat untuk melarang masuknya Camera dalam ring Pemungutan Suara (TPS) meminimalisir money Politik.
4. Tidak membenarkan serta melarang adanya seragam satgas pemenangan yang masuk ke TPS, termasuk seragam Parpol, APK dan Pin Partai.
5. Telah berupaya menghimbau kedua Paslon untuk tidak berorasi Politik termasuk melalui momen Maulid dan sebagainya.
6. Penggunaan Sticer pada Mobil akan dilakukan penindakan secara humanis oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian.

g. Sambutan tambahan Kapolres Aceh Besar :
1. Camat kiranya dapat melakukan penekanan terhadap Keuchik yang teridikasi terlibat sebagai simpatisan dan tim pemenangan untuk tidak mengajak masyarakat serta menghimbau termasuk intimidasi kepada masyarakat atas kepentingan pemenangan salah satu Paslon.
2. Atribut sticer Partai pada Kendaraan Bermotor merupakan Media Kampanye yang masuk dalam kategori pelanggaran yang perlu dihimbau bersama ditengah upaya penertiban.

h. Sambutan Camat Darussalam H. Baharuddin, S. Sos (Ketua Forum Camat) :
1. Sejak PPK dan Panwascam bersekretariat di Kantor Kecamatan sebelum didistribusikan ke Desa, Muspika telah berkoordinasi bersama untuk memantau dengan intens termasuk penyiasatan agar konsentrasi tidak mengganggu pelayanan kepada Masyarakat.

i. Sambutan Camat Darul Imarah :
1. Ditengah jabatan Keuchik yang diduki oleh Pejabat Sementara sampai saat ini tidak terdapat permasalahan yang mempengaruhi penyelenggaraan Pemilukada.
2. Muspika Kecamatan Darul Imarah telah aktif berkomunikasi dan koordinasi menyikapi kesiapan Pemilukada khusus di Kecamatan Darul Imarah.

j. Arahan Wakil Bupati Aceh Besar :
1. Mengharapkan KIP dan Panwas untuk dapat maksimalkan kerja dengan menjunjung Netralitas Pemilukada sesuai payung hukum dan aturan perundang undangan.
2. Apresiasi Pemkab Aceh Besar terhadap langkah pengamanan Polri dibantu TNI untuk mengamankan jalanya Pemilukada Aceh Besar 2017.

Comments

comments

Bantu Polisi sharekan berita ini

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top