APEL SIAGA BENCANA KEBAKARAN HUTAN & LAHAN (KARHUTLA) DAN PEMBUKAAN DIKLATKAR BPBD KAB. ACEH BESAR TAHUN 2017

IMG-20170926-WA0009.jpg

HUMAS POLRES ACEH BESAR-Dilapangan Kantor Bandan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Aceh Besar telah berlangsung Apel Siaga Bencana Karhutla serta Diklatkar BPBD Kab. Aceh Besar Tahun 2017. Selasa (26/09/17) pukul 09.30 wib.

Apel tersebut dalam rangka pengecekan kesiapsiagaan penanggulangan bencana yg tergabung dalam Satgas Siaga Bencana Kab. Aceh Besar, Kemudian juga dalam rangka pelaksanaan Diklat Damkar Aceh Besar yang diikuti sebanyak 40 (empat puluh) peserta calon petugas Damkar Aceh Besar, Diklat tersebut berlangsung selama 1 (satu) Minggu yang akan dipusatkan Pos Damkar Sibreh Aceh Besar.

Pasukan Apel dalam rangka pengecekan kesiapsiagaan penanggulangan bencana dari Pers Polres Aceh Besar, ‎Pers Kodim 0101/BS, ‎Basarnas Aceh, ‎SatPol PP Aceh Besar, DamKar Aceh Besar, PolHut Aceh Besar, ‎DisHub Aceh Besar, ‎Tagana Aceh Besar, ‎Rapi Aceh Besar, ‎PMI Aceh Besar.


Amanat Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali selaku Pembina Apel, Terima kasih kepada seluruh unsur yg telah mendukung terselenggaranya Apel pada hari ini, Seiring berjalannya waktu dengan semakin cepatnya peningkatan dampak bencana yang selalu mengancam hidup dan penghidupan masyarakat sehingga berdampak kepada memundurkan kemajuan sosial dan ekonomi serta menjadikan jutaan masyarakat menjadi miskin.

Kecenderungan terjadinya bencana yang signifikan dengan intensitas serta frekuensi yangg cukup luas pada akhirnya menimbulkan kerugian cukup besar.

Menyikapi hal itu dengan telah diterbitkannya UU No. 24 Tahun 2007 ttg Penanggulangan Bencana serta Peraturan Peraturan Pemerintah terkait Penanggulangan Bencana akan menjadi mandat yg harus diemban serta menjadi dasar operasional dalam pelaksanaan tupoksi kebencanaan.

Untuk wilayah Kab. Aceh Besar merupakan salah satu Kabupaten di Prov. Aceh yang memiliki potensi cukup terhadap berbagai macam bencana baik bencana alam maupun non alam.

Sebagaimana yang diketahui bersama dalam Tahun 2017 ini Kab. Aceh Besar mengalami beberapa kali bencana diantaranya Banjir Bandang, Longsoran Batu serta Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kebakaran Pemukiman, Hutan dan Lahan sangat rentan terjadi di wilayah Kab. Aceh Besar. Dengan cakupan wilayah yang sangat luas menjadikan kendala saat proses penanggulangan / pemadaman ketika terjadinya kebakaran.

Menindaklanjuti hal tsb Pemkab Aceh Besar melalui BPBD secara maksimal berusaha meminimalisir kejadian kebakaran dengan menempatkan Pos Pos Damkar dibeberapa Kecamatan yg saat ini baru terealisasi berjumlah 8 (delapan) Pos.

Disamping itu juga Petugas Damkar BPBD Aceh Besar sangat kekurangan dengan total 64 (enam puluh empat) Petugas Damkar.

Kesiapsiagaan penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan sebuah siklus yg berturut meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelatihan, Penyiapan Sumber Daya Peralatan dan Evaluasi.

Oleh karena itu guna meningkatkan kemampuan Penyelenggara Kegiatan Kesiapsiagaan Bencana melalui Diklatkar BPBD Aceh Besar Tahun 2017 yg akan membentuk kemampuan Mengantisipasi, Beradaptasi, Melawan dan Menghindar serta Pemulihan secara cepat dari segala bentuk terjadinya ancaman bencana.

Melalui Apel Siaga Bencana diharapkan partisipasi seluruh elemen dalam penanganan bencana.
Dengan ini Bupati Aceh Besar selaku Pembina Apel menyatakan DiklatKar Tahun 2017 BPBD Aceh Besar secara resmi dibuka dan dimulai dan Penyematan Tanda Peserta Diklatkar Tahun 2017 oleh Bupati Aceh Besar kepada Perwakilan Peserta an. Neldi Wannira.

Penyerahan Cinderamata dari Kapusdiklat Damkar dan Penyelamatan Prov. DKI Jakarta kepada Bupati Aceh Besar dan Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar.

Tamu Undangan yang hadir Apel Siaga Bencana Karhutla serta Diklatkar BPBD Kab. Aceh Besar Tahun 2017
– Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali
– ‎Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman. SE
– ‎‎Kepala Pusdiklat Damkar & Penyelamatan Prov. DKI Jakarta Edi Rudianto.
– ‎Kapolres Aceh Besar AKBP. Drs. Heru Suprihasto. SH
– ‎Pasi Ops Kodim 0101/BS Mayor. Arah. Fatoni Amin. S. Ag
– ‎Kabag Ops Polres Aceh Besar Kompol. Zuliadin. SH
– ‎Kabag Umum Sekdakab Aceh Besar Bahrul Jamil. S. Sos
– ‎Sekwan DPRK Aceh Besar Djamulddin. S. Sos
– ‎Kepala Stasiun Klimatologi Aceh Besar Wahyuddin. SP. M. Ikom
– Kasi Data & Informasi Stasiun Meteorologi Blang Bintang Zakaria. SE
– ‎Staff Data Stasiun Geofisika Mata Ie Satriyo Haprobo. Msi
– ‎Kepala Pelaksana BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil. S. Sos. M. Si
– ‎Skretaris Dinkes Aceh Besar T. Dasya Kusuma Putra. S. STP
– Skretaris Dinkes Aceh Besar T. Dasya Kusuma Putra. S. STP
– ‎Kasat Pol PP Aceh Besar Rahmadaniati. S. Sos. MM
– ‎Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh Besar M. Kamil Zuhri. S. STP.
M.Si
– Kabag Humas Aceh Besar ‎M. Basir. S.STP. M. Si
– ‎Kabid Kesiapsiagaan & Damkar Kab. Pidie Abdul Wahab. S. Ag. S. Pd
– ‎Kabid Damkar Banda Aceh Sabri. S. Sos
– ‎Kabid Pencegahan & Kesiapsiagaan Aceh Besar Bahtiar. S. Sos.

Comments

comments

Bantu Polisi sharekan berita ini

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top