Www.tribratanewsacehbesar.com– Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba tingkat Sekolah, Napza dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di SMP Negeri 02 Lembah Seulawah Desa Teuladan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Senin 22 Juli 2019 pukul 10.00 wib.

Arahan dan Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba Oleh Kanit Binmas Polsek Lembah Seulawah Bripka Mahfuddin menjelaskan tentang apa itu NARKOBA adalah Narkotika, Psikotropika dan Bahan Zat Adiktif.

Penjelasan tentang Narkotika adalah Tanaman atau Zat yang berasal dari tanaman Sintesis atau Semi Sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Penjelasan tentang ‎Psikotropika adalah Zat atau Obat yang dapat menurunkan aktifitas otak atau meransang susunan saraf pusat dan menimbulkan kelainan prilaku disertai dengan timbulnya halusinasi,gangguan cara berpikir dan dapat menyebabkan ketergantungan bagi sipemakai.

Bahan Zat Adiktif lainnya adalah bahan zat bukan Narkotika atau Psikotropika seperti alkohol, etanol atau metanol, tembakau,gas yang dihirup maupun zat pelarut,seringkali pemakaian rokok dan alkohol ditingkat remaja.

Efek yang ditimbulkan dari penggunaan Narkoba adalah akan menjadi malas, otak jadi malas berfikir, merusak sel – sel otak serta eufhoria yang berlebihan dan sering berhalusinasi.

Permasalahan sekarang adalah Masyarakat masih Enggan memberikan informasi tentang penyalahgunaan Narkoba, semakin maraknya peredaran Narkoba, modus peredaran Narkoba yang semakin canggih dan Sanksi Hukum yang belum memberikan efek jera kepada Pelaku Kejahatan Narkoba dengan Sanksi Hukum sesuai dengan UUD No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

‎Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan bagi siswa – siswi apa itu Narkoba,memberikan sebuah gambaran tentang bahaya Narkoba serta wawasan tentang penyalahgunaan Narkoba.

Arahan dan Sosialisasi Tentang Napza Oleh Bapak Ilyas S.Km Puskesmas Lembah Seulawah, sebagai Pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf.

Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja,Kalau dirata-ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun.

Napza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya (obat-obat terlarang, berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut).

Arahan dan Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Oleh Sdri Yanti S.Km, Puskesmas Lembah Seulawah.

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :
A. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
B. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
C. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
D. Olahraga yang teratur dan terukur
E. Memberantas jentik nyamuk
F. Tidak merokok di sekolah
G.Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan
H. Membuang sampah pada tempatnya.

Comments

comments