www.tribratanewsacehbesar.com– Digedung Serbaguna Desa Lamtamot Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar telah belangsung ” Kegiatan FGD (FOCUS GROUPS DISCUSSION) Tentang Optimalisasi peran pemuda dalam mewujudkan HARKAMTIBMAS di kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar”. Dengan jumlah yang hadir 50 orang. Rabu 30 Oktober 2019 sekira pukul 09.00 wib.

Acara tersebut di hadiri oleh Kasat Binmas Polres Aceh Besar AKP Ramlan SE, Ketua MPU Kabupaten Aceh Besar, Tgk. Muksalmina AW, Kabid Parpora Aceh Besar Saifullah, S.PD, Kabib Pmd Aceh Besar diwakili Fahrulrazi, SE, Camat Lembah Seulawah Ilyas, SPD, Kapolsek Lembah Seulawah Iptu Muhammad syah Danramil 24 Lembah Seulawah
Kapten Teuku Ridwan, Kanit Binmas beserta Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Seulawah, Para Keuchik di Kecamatan Lembah Seulawah, Pemuda di kecamatan Lembah Seulawah.

Pembukaan oleh Camat Lembah Seulawah sekaligus memberikan sambutan bahwa kegiatan FGD ini merupakan momen yang sangat baik dalam mengimplementasikan dalam optimalisasi peran pemuda untuk mewujudkan HARKAMTIBMAS di khusus di wilkum lembah Seulawah, maka dari itu diharapkan kepada para peserta untuk mengikutinya sebaik mungkin agar menjaga dan menerapkan dilingkungan masyarakat kita.

Kata sambuta Danramil 24 Lembah Seulawah agar para perserta bisa memahami dalam kegiata seperti ini harapan saya ada perubahan bagi pemuda di wilkum lembah Seulawah dalam menjaga Harkamtibmas.

Kata sambutan sekaligus pembukaan oleh kasat binmas Polres Aceh Besar, Dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi Harkamtibmas dan mari kita bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan kita, peran aktif dari pemuda upaya untuk menciptakan situasi kamtibmas.

Meningkatkan peran pemuda dalam mewujudkan kamtibmas, berorganisasi menjadi salah satu media berekspresi. Dengan menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan organisasi, pemuda akan terhindar dari kegiatan – kegiatan yang mengarah kepada gangguan kamtibmas.

Dan dilanjukan dengan penyampaian materi Penyampaian Materi oleh Ketua MPU Aceh Besar, Tata cara Penerapan Hukum bagi pelaku pelanggar qanun yang tidak menyalahi hukum syariah agama supaya tidak menyalahi dalam menjatuhkan hukuman menurut hukum negara dan qanun yg di tetapkan dan hukum-hukum adat gampong.

Pentingnya menanamkan ilmu agama yg utama bagi generasi yang akan datang, Tingkatkan ke imanan terhadap Allah SWT, Mengajak keluarga yang bertikai untuk meningkatkan ilmu agama tentang perintah dan larangan Allah SWT, sampaikan sesuai dengan hukum agama, adat dan negara, Agar tidak menimbulkan konflik di kemudian hari, dikarnakan tidak adanya kepedulian dari kita sendiri.

Dalam adat yang benar di buat kesepakatan dalam agama contoh kalau sudah waktu azan agar segera menutup kedai-kedai dan menuju ke mesjid, baru bisa di buka kembali setelah sholat.

Penyampaian Materi oleh Kabib Parpora Aceh Besar, Dalam kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasi Harkamtibmas, agar pemuda persatuan dan membentengi dari berbagai pengaruh negatif, menanam jiwa patriotisme, dan menanam nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Bersatu Kita Maju’ tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalan sumpah pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita bisa mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Comments

comments