Www.tribratanewsacehbesar.com–Bertempat di kantor BPBD Aceh Besar Ds. Sibreh kumudee Kec. Sukamakmur Kab. Aceh Besar.Telah berlangsung kegiatan Rapat Diskusi Penanggulangan Bencana Daerah wilayah Kabupaten Aceh Besar. Kamis (01/01/2018) Pukul 14:30 wib.

Sambutan Bupati Aceh Besar
Menyampaikan Seperti kita ketahuai bahwa kabupaten aceh besar adalah daerah rawan terjadinya banjir dan longsor pada musim penghujan dan bencana kebakaran pada musim kemarau.

Kabupaten aceh besar mensiagakan 2 persen dari dana anggaran daerah untuk menganani bencana.

Setiap kejadian bencana agar muspika melalui camat untuk cepat tanggap melaporkan dan berkoordinasi secepat mungkin dengan intansi terkait untuk menangani masalah bencana alam.

Sambutan Kepala BPBD Aceh Besar.
Menyampaikan Menyikapi langkah Antispasi bencana alam aceh besar yg mempunyai 2 wilayah hukum seperti kepolisian dengan pertemuan seperti ini setiap ada kejadian yg urgen bisa berkoordinasi yg baik antar kedua wilyah hukum sehingga bencana bisa d tanggulangi dengan baik.

Menyikapi apa yang di rilis oleh BMKG bahwa di tetepkan kab. Aceh besar pada bulan januari s/d maret di nyatakan siaga bencana banjir dan longsor di harapkan kesiagaan setiap intansi dan berkoordasi setiap ada kejadian bencana.

Menyikapi bencana alam yang ringan/kecil dan pengembangan berita di media sosial yg besar supaya para muspida dan muspika setempat bisa meredam melalui klarifikasi yang baik kpd media dan pimpinan pusat.

Pada saat siaga bencana di harapkan setiap intansi terkait mempersiapkan posko dan petugas darurat bencana.

Sambutan Kabag Ops Polres Aceh Besar.
Menyampaikan Kapolres aceh besar berpesan melalui kabag ops polres aceh besar ,bahwa setiap wilkum polsek jajaran polres aceh besar harus menyiapkan posko dan mensiagakan 10 personil bagi wilkum polsek yang terjadi bencana.

‎Dan setiap polsek tetangga yg mengalami bencana masing-masing wajib mensiagakan 5 personil untuk di siagakan di posko dan tempat bencana.

Untuk penanganan bencara harus terkoordinir melalui intansi masing-masing baik berupa petugas dan segala bentuk bantuan yg masuk kpd korban bencana.

Sambutan Perwakilan Kodim Aceh Besar.
Menyampaikan Masih banyak galian C yang berada di wilayah kab.Aceh Besar yang berada di wilayah hukum polresta yang belum di tindak secara administrasi yang mana galian C itu sendiri merupakan sumber bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Masih di temukan Setiap ada kejadian bencana alam masih terdapat kesan yang kurang berkoordinasi antar intansi sehingga menciptakan penanganan bencana yang sendiri-sendiri.

Sambutan Kapolsek sukamakmur.
Menyampaikan Bahwa di kecamatan Sukamakmur khususnya masih terdapat tempat-tempat yang rawan bencana banjir dan lonsor.yaitu pintu air di desa lambarih bakme dan sibreh kumudee.

Adapun dampak panangan masalah kerusakan akibat banjir dan longsor yang ada di kecamatan sukamkmur masih terkesan lambat dan tidak ada perbaikan dari dinas terkait kabupaten aceh besar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Aceh Besar, Kepala BPBD Aceh Besar, Kabag Ops Polres Aceh Besar, Piwakilan Dandim 0101 Aceh Besar, Para Kapolsek wilayah kab. Aceh Besar, Para Dan Ramil wilayah kab.Aceh Besar, Camat Kec. Sukamakmur, Petugas BPBD Aceh Besar. keseluruhan acara tersebut di hadiri+- 50 peserta.

Comments

comments