Www.tribratanewsacehbesar.com–Sosialisasi Tentang Kebijakan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Aceh Besar di Gedung UDKP Kec. Lembah Seulawah Kab. Aceh Besar. Rabu tanggal 21 Maret 2018 pukul 09.00 wib

Arahan tentang Pentingnya Dokumen Kependudukan Sebagai Wujud Tertibnya Adminduk Bagi Masyarakat Oleh Bapak Alyadi, S. Pi, MM.

Admitrasi Kependudukan adalah Rangkaian Kegiatan Penataan dan Penertiban dalam Penerbitan Dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi Kependudukan serta Pendayagunaan hasil untuk pelayanan publik (uuno. 23 / 2006 psl 1).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pendataan Penduduk Non Permanen.

Dalam Permendagri tersebut diatur tentang Kewenangan dan Tanggung Jawab para Penyelenggara Pendataan, persyaratan,Tata cara,Formulir Pendataan Pengolahan dan Penyajian sertabPenganggaran Pendataan Penduduk.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015 Tentang Spesifikasi Blangko serta Formulasi Kalimat dalam Register Akta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2015 Tentang Persyaratan,Ruang Lingkup dan Tata Cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan NIK elektronik Oleh Lembaga Pengguna Tingkat Pusat,Tingkat Profinsi maupun Tingkat Kabupaten / Kota.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Perubahan Elemen Data Penduduk Dalam KTP Elektronik.

‎Selanjutnya dalam Permendagri tersebut diatur tentang Tata Cara Perubahan Elemen data Dinamis dalam ktp Elektronik berupa perubahan Data Nama, Jenis Kelamin,Agama,Status Perkawinan,Alamat,Pekerjaan,Kewargaanegaraan serta Perubahan Masa Berlaku.

Arahan dan Sosialisasi Kebijakan Pencatatan Sipil Oleh Ibu Murniati, S. Pd, Negara Berkewajiban memberikan Perlindungan dan Pengakuan Penentuan Status Pribadi dan Status Hukum bagi Penduduk Indonesia.

‎Memberikan Perlindungan, Pengakuan,Penentuan Status Pribadi dan Status Hukum bagi Penduduk Indonesia diperlukan Pengaturan tentang Admitrasi
Kependudukan. ‎Admitrasi Kependudukan Meliputi Pendaftaran Penduduk Pencatatan Sipil dan Pengelolaan Admitrasi Kependudukan.

Akta Pencatatan Sipil terdiri dari Register Akta Pencatatan Sipil dan Kutipan Akta Pencatatan Sipil.

Akta Pencatatan Sipil Berlaku Selamanya dan untuk memudahkan Masyarakat mendapatkan Pelayanan Admitrasi Kependudukan dan Dokumen Negara.

‎Permendagri No 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran dengan memberikan Perlindungan dan Pengakuan terhadap Penentuan Status Pribadi dan Status Hukum setiap Peristiwa Kelahiran yang dialami Penduduk termasuk Perlindungan Hak Anak dalam Bentuk Akta Lahir.

‎Akta Kelahiran adalah Bukti Sah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran seseorang yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yaitu Lembaga yang mencatat Kejadian penting seseorang seperti Kelahiran,Kematian,Perkawinan,Perceraian dan Pengakuan.

Kegiatan dihadiri oleh Wakadis Disdukcapil Aceh Besar Alyadi S. Pi, MM, Kabag Pencatatan Sipil Aceh Besar Murniati S. Pd, ‎Camat Lembah Seulawah Ilyas S. Pd, Kapolsek Lembah Seulawah diwakili Oleh Kasium Bripka Edi Kurniawan, ‎Kanit Binmas Polsek Lembah Seulawah Bripka Mahfuddin, ‎Bhabinkamtibmas Polsek Lembah Seulawah Bripka Salmadi, Keuchik Beserta Perangkat Desa Kec.Lembah Seulawah.

Comments

comments