www.tribratanewsacehbesar.com– Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Sik, M.si. menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tingkat Kabupaten Aceh Besar tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (28/10).

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali mengajak generasi muda untuk memperkuat karakter moral dan kinerja, sehingga menjadi pemuda yang beriman, bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, serta tuntas.

Hal itu disampaikan Mawardi Ali saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, para stah ahli bupati, para Asisten Setdakab, kepala OPD, pengurus OKP, dan para pelajar.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengusung tema ‘Bersatu Kita Maju’. Tema tersebut untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan bangsa Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam kesempatan itu, para pemuda Indonesia juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan yang mumpuni, serta memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional. “Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreatifitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mawardi bersama Forkopimda ikut menyerahkan hadiah kepada pemenang aneka lomba Kemah Pemuda yang berlangsung di lokasi wisata Jalin, Kecamatan Kota Jantho. Untuk lomba arung jeram, juara I, II, dan III masing-masing diraih regu PII Putra Aceh Besar, regu Somada Putri, dan KNPI Pengurus Kecamatan Kuta Malaka. Untuk kategori nge-vlog, juara I, II, dan III diraih Mela Sari dari Himab, Raja dari PPI Aceh Besar, dan Aufaq dari Pengurus Kecamatan KNPI Kuta Malaka. Sedangkan lomba baca puisi masing-masing direbut Nurfajri dari regu Ipemidra putri, Ahmad Sina dari regu Sapma PP Aceh Besar, dan Amel dari regu LPKM Aceh Besar.

Rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tingkat Kabupaten Aceh Besar itu juga diisi dengan kemah pemuda yang diikuti 400 peserta yang berasal dari 42 regu utusan perwakilan OKP, ormas, dan organisasi paguyuban kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan yang berlangsung sejak 25 Oktober 2019 tersebut dipusatkan di lokasi wisata Jalin, Kecamatan Kota Jantho. Dalam even ini, sejumlah acara digelar, seperti arum jeram, ravling, jelajah bukit Jalin, flying fox, penaikan bendera raksasa, kerja bakti, kunjungan sosial, rembuk pemuda, dan nge-vlog.

Comments

comments