tribratanewsacehbesar.com– Lat Pra Ops dalam rangka Ops Mantap Brata Rencong – 2019 dilanjutkan Penutupan Lat Pra Ops di Gedung SMK AL-Mubarkeya Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar. Jumat 21 September 2018 pukul 08.30 wib.

Paparan Kasat Sabhara Polres Aceh menyampaikan tugas pokok Satuan Sabhara yakni merupakan unsur pelaksana utama yang bertugas dan menyelenggarakan kegiatan Turjawali, Tipiring, pengamanan unjuk rasa dan pengendalian massa serta Negosiator. Selain itu, disampaikan juga tentang tahapan cara bertindak menghadapi Unras, tahapan penggunaan kekuatan, larangan bagi setiap petugas Dalmas dan kewajiban petugas Dalmas.

“Dalam mengendalikan massa terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon. Standart Operational Procedur (SOP) nya mengacu pada Perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan perkuatan dalam tindakan kepolisian.

Dilanjutkan TFG yang dipimpin oleh Kapolres Aceh Besar didampingi Waka Polres Aceh Besar, para Kabag, kasat, para Kapolsek jajaran dan personil Polres Aceh Besar.

Amanat Kapolres Aceh Besar pada penutupan Lat Pra Ops, Pada ksempatan yang baik ini, saya secara pribadi dan selaku Kapolres menyambut baik dengan telah selesainya pelaksaan kegiatan Pelatihan Pra Operasi Mantap Brata Rencong-2018. Perlu saya jelaskan bahwa pelaksaan kegiatan ini merupakan sebuah proses pembelajaran, supaya kita bersama dalam meningkatkan kualitas pelaksaan pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg 2018.

Hadirin peserta pelatihan yang saya banggakan, selanjutnya dengan telah selesainya pelatihan ini, saya juga berharap kepada peserta pelatihan akan lebih memahami dan mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini dalam pelaksanaan tugas dilapangan nantinya, sehingga setiap langkah dan tindakan yang akan diambil adalah berdasarkan koridor hukum yang berlaku. Khususnya dalam rangka pengamanan pemilu Pilpres dan Pileg turut serta mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman Masyarakat diwilayah hukum Polres Aceh Besar.

Comments

comments