Tribratanewsacehbesar.com–Bertempat di gedung UDKP Kec.Sukamakmur Kab.Aceh Besar telah dilaksanakan sosialisasi dana desa dan pembagian peraturan Bupati (Perbup) Aceh Besar tentang pedoman pengelolaan dana gampong Tahun 2018. Selasa tanggal 20 Maret 2018 pukul 09.45 wib

Arahan dan bimbingan Camat Sukamakmur YUSLIZAR. S.So.s menyampaikan Perkenalan diri selaku camat baru kec. sukamakmur.

Petanggung jawaban dana desa untuk tahun 2017 paling lambat akhir januari 2018. Tapi hingga saat ini masih ada desa yang belum siap membuat laporan pertanggung jawaban tahun 2017.

Anggaran 2018 dan tidak bisa di cairkan bila belum menyiapkan LPJ 2017, Realisasi penyerapan dana desa, dan belum menyelesaikan RKPG dan APBG 2018

Diharapkan kepada seluruh kepala desa agar bisa memamfaatkan PD dan PLD dalam pelaksanaan pengunaan anggran dana desa.
Prioritas penggunanaan dana desa tahun 2018 di harakap menurut kebutuhan desa masing-masing.

Musrenbang wajib dilakukan di desa masing-masing di lengkapi dengan dukumentasi dan notulen, Kegiatan pengunaan dana desa wajib swadaya tidak boleh di kerjakan oleh pihak ke tiga.

Setiap hasil rapat di kecamatan diharapkan kepada para geuchik dapat mensosialisasikan kpd masyarakat supaya masyarakat tau setiap aturan, informasi yg ada di kecamatan.

Diharapkan kepada para geuchik dapat memanfaat semua unsur perangkat desa menurut tugasnya masing-masing dan dilibatkan dalam setiap kegiatan.

Selain itu Camat Sukamakmur juga berharap dapat meningkatkan kekompakan, mengingat daerah kita merupakan daerah rawan terjadinya peredaran narkoba, sehingga kesempatan bagi pelaku narkoba untuk melakukan peredaran narkoba di desa dapat dicegah.

Arahan dan bimbingan Kapolsek Sukamakmur Ipda Suriya,S.Pd.I,
Menyampaikan Dengan sering melakukan silaturrahmi seperti ini spy kita mempuyai satu ide untuk memajukan kec. Sukamakmur.

Diharapkan kapada para geuchik dapat bekerja dengan transparan terhadap penggunaan pembangunan dana desa kapada masyarakat dan unsur terkait.

‎Diharapkan kepada para geuhik untuk memanfaatkan para bhabinkamtibmas dan bhabinsa dalam hal membina keamanan di desa masing-masing.

Setiap ada permasalahan di desa menyangkut tipiring supaya para geuchik dengan perangkat desa dapat menyeselesaikan di tingkat desa sesuai Qanun Aceh No.9 Tahun 2008 pasal 13 ayat (1) ttg 18 perkara yg bisa di selesaikan di tingkat desa.

Diharapkan kpd perangkat desa agar meningkatkan kemampuan tertib administrasi sesuai tugas masing-masing, terutama dalam hal pelaporan pengunaan dana desa.

Diharapkan kepada setiap desa untuk lebih memproiritaskan penggunaan dana desa di bidang pemberdayaan untuk mewujudkan masyarakat yg mandiri bukan hanya pembangunan.

Penyampaian dan penjelasan tentang Perbup Aceh Besar yang disampaikan oleh Staf Kasi PMG Kec.Sukamakmur sdr. Yuswandi.

Berikut Perbup Aceh Besar yg disampaikan Perbup Aceh Besar Nomor 2 Tahun 2018 tentang Tata cara pengalokasian dana gampong bagi setiap gampong yang bersumber dari bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah di Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2018.

Perbup Aceh Besar Nomor 3 Tahun 2018tentang tata cara pengelolaan dan pengalokasian alokasi dana gampong dalam Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2018.

Perbup Aceh Besar Nomor 4 Tahun 2018 tentang tata cara pengelolaan dan pengalokasian alokasi dana gampong dalam Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2018.

Perbup Aceh Besar Nomor 5 Tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa untuk setiap gampong dalam Kabupaten Aceh Besar Tahun Anggaran 2018.

Perbup Aceh Besar Nomor 6 Tahun 2018 tentang Perubahan atas peraturan Bupati Aceh Besar Nomor 37 Tahun 2017 tentang pedoman pengelolaan keuangan gampong di Kabupaten Aceh Besar.

Hadir pada giat tersebut Camat Sukamakmur Yuslizar,S.Sos, Kapolsek Sukamakmur Ipda Suriya,S.Pd.I, Danramil 02 Sukamakmur yang diwakili oleh Serka Mahdi, Staf PMG Kec.Sukamakmur, Pendamping desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Keuchik se-Kec.Sukamakmur.

Comments

comments