Www.tribratanewsacehbesar.com–Sebanyak 73 Santri/i ISS mengalami Keracunan Massal setelah Sarapan pagi di Dapur Umum ISS, bertempat di As-Salam Islamic Solidarity School (ISS) Kota Jantho.
Rabu 01 Agustus 2018 pukul 09.20 wib.

Kronologis Kejadian Pukul 07.30 wib seluruh Santri/i yang masih menduduki kelas 1 dan kelas 2 sarapan pagi didapur umum ISS dengan Menu Sarapan menggunakan ikan Tongkol.

Pukul 09.00 wib Saat Kepala Sekolah Tingkat SMP sdr. Iswanda sedang menyampaikan Arahan kepada para Siswa Santri/i kemudian tiba-tiba para Santri mulai mual-mual dan berjatuhan lalu Kepala Sekolah sdr. Iswanda langsung melarikan para siswa Santri/i nya ke Puskesmas Kota Jantho.

Setelah dilakukan penanganan medis para santri/i dinyatakan oleh Dr. Zakia mengalami keracunan ikan tongkol dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Satelit Kec. Indrapuri Kab. Aceh Besar.

Adapun Keterangan yang di Sampaikan oleh Kepal Sekolah Tingkat SMP AS-Salam Islamic Solidarity School Santri yang mengalami keracunan ialah santri/i yang makan di Dapur Umum ISS yang dibiayai oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar.

Pukul 11.40 wib seluruh Santri yang sarapan di Dapur Umum Dinas Sosial sebanyak 137 dari jumlah keseluruhan 210 orang di Bawa Kepuskesmas Kota Jantho untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Santri/i yang mengalami keracunan ikan tongkol sebanyak 73 orang telah dievakuasi dengan menggunakan ambulance sebanyak 8 unit dari :
1. Ambulance Puskesmas Kota Jantho.
2. Ambulance Polres Aceh Besar.
3. Ambulance Yonkav 11 Seribu.
4. Ambulance Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kota Jantho.
5. Ambulance Puskesmas Seulimeum.
6. Ambulance Puskesmas Kuta Cot Glie.
7. Ambulance ISBI Aceh.
8. Ambulance Dinkes Aceh Besar

Sat Reskrim Polres Aceh Besar melakukan Pengambilan sample ikan tongkol untuk dilakukan uji lab ke BPOM. Kasus keracunan tersebut telah di tangani oleh Sat Reskrim Polres Aceh Besar.

Comments

comments