Www.tribratanewsacehbesar.com_Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Sik, M.si dan Ketua Bhayangkari Ibu Cut Ayi Satria melakukan penanaman pohon serentak di perkarangan Polres Aceh Aceh Besar. Selasa (14/1/2020) pukul 08.30 Wib.

Selain Kapores dan Istrinya, juga ikut serta pejabat Polres Aceh Besar, unsur Forkopimda Aceh Besar, Sekda Aceh Besar, Koramil Jantho, Kajari Aceh Besar, Santri Dayah Seulimum, seluruh Personil Polres Aceh Besar juga ikut menanam.

Terdapat 3 lokasi penanaman di lahan Polres Aceh Besar yaitu di halaman mako Polres Aceh Besar, lahan kosong milik Polres Aceh Besar dan di lahan sirkuit parama satwika dan 13 lokasi lainnya yang terpusat di masing-masing lahan mako Polsek jajaran Polres Aceh Besar.

Luas lahan yang ada digunakan untuk melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam aksi polri peduli penghijauan ini yang tersebar dari 16 titik lokasi tersebut dengan luas lahan keseluruhannya kurang lebih 3 hektar serta dengan jumlah dan jenis pohon yang ditanam pada 16 titik lahan tersebut yaitu 1000 batang, yang terdiri diri Pohon ketapang, Pohon mahoni, Pohon jati, Pohon jengkol, Pohon sentang, Pohon jemblang, Pohon durian, Pohon petai, Pohon rambutan, Pohon mangga, Pohon cemara dan Pohon pinus.

Sambutan Kapolres Aceh Besar, Akbp Ayi Satri. SIK. M.si, sebelum melakukan penanaman, dimana Isu-Isu lingkungan hidup yang semakin menguat dewasa ini, hingga sampai aras pemanasan global, secara substantif merupakan suatu wacana korektif terhadap paradigma untuk dapat kembali membangun dan melestarikan alam yang kita cintai ini.

Krisis lingkungan hidup yang semakin luas di indonesia dan khususnya di aceh besar lambat laun tanpa kita sadari akan mendatangkan marabahaya, seperti halnya bencana alam, kerusakan ekosistem dan keaneka ragaman hayati.

Pada kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini merupakan instruksi langsung dari bapak kapolri yang disejalankan dengan peringatan hari lingkungan sedunia serta mendukung program – program pemerintah dalam melaksanakan penghijauan atau istilah yang lagi populer “go green”.

Polri peduli penghijauan ini serentak dilaksanakan yang tersebar di seluruh nusantra, dan pada hari ini polres aceh besar secara serentak di semua jajaran polsek wilayah hukum Polres Aceh Besar untuk melakukan penanaman pohon yang dilakukan di lingkungan mako Polri, lahan dan tanah milik polri dengan jumlah 1000 pohon dan dengan jenis-jenis pohon yang berbeda seperti pohon ketapang, mahoni, jati, jengkol, sentang, jemblang, durian, petai, rambutan, mangga, cemara dan pohon pinus.

Pentingnya gerakan Polri peduli penghijauan ini dilakukan guna menangani krisis lingkungan hidup serta ikut berpartisipasi untuk mencegah bencana alam yang merupakan upaya nyata polri untuk penyelamatan lingkungan hidup yang akan mendatangkan banyak manfaatnya seperti menambahkan produksi oksigen dan mengurangi co2, serta rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan, intinya jika kita sayangi alam, maka alam pun akan sayang kepada kita.

Besar harapan saya agar gerakan peduli lingkungan ini dapat diikuti seluruh komponen masyarakat Aceh Besar khususnya yang dimulai sejak dini, sejak saat ini agar daya serapan air di bumi menjadi lebih tinggi dan lebih baik serta dampak krisis lingkungan tadi dapat teratasi sehingga lingkungan kita menjadi asri dan indah.

Comments

comments