Www.tribratanewsacehbesar.com– Satlantas Polres Aceh Besar Memberikan pengetahuan tentang safety riding di SMA Negeri 1 Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Senin (24/02/20) Pagi.

Kasat Lantas Polres Aceh Besar Iptu Siti amelia S.tk mengatakan Saweu Sikula ini sengaja dilakukan guna menekan angka kecelakaan di jalan raya. Khususnya di tingkat pelajar. Termasuk untuk membangun kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini.

Menurutnya, beberapa materi yang wajib diberikan kepada seluruh warga sekolah adalah tertib berlalu lintas, tata cara berkendara yang aman, rambu-rambu lalu lintas, serta berbagai alat keselamatan berkendra. ”Kami menyasar seluruh usia pelajar. Mulai dari SD hingga SMA. Pengetahuan ini harus kita tanamkam sejak dini, sehingga ketika dewasa mereka memiliki bekal ilmu berkendara yang benar dan aman,” harapnya.

Dia juga mengimbau pelajar yang masih di bawah umur untuk tidak mengendarai motor saat ke sekolah. Sebab belum layak, sehingga rawan terjadi kecelakaan. Pelajar di bawah umur sebaiknya memanfaatkan angkutan umum atau diantar orang tuanya.

”UU juga mengatur demikian. Dari sisi psikologis, anak di bawah umur memang belum layak mengendarai motor sendiri. Kalau sudah usia di atas 17 tahun silakan naik motor sendiri. Tapi jangan lupa standar keselamatan dan kelengkapan termasuk SIM,” jelasnya.

Comments

comments