Www.tribratanewsacehbesar.com– Bertempat di Warung Kopi Desa Jantho Baru Kecamatan Kota Jantho Kabuapaten Aceh Besar telah berlangsung Kegiatan Sawue Kede Kupi. Selasa Tanggal 19 Februari 2019, sekira pukul 09.00 Wib.

Sambutan Kasat Binmas Polres Aceh Besar AKP H. Yulizar Lubis kita harapkan melalui penyuluhan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat bersiskamling dalam upaya menjaga keamanan lingkungan sendiri.

Selain itu kita juga mengajak untuk bersama-sama membantu menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah Desa Jantho Baru, kita semua harus bisa bersinergi antara jajaran, kapolsek, bersama jajaran aparatur pemerintah Kecamatan Kota Jantho, harus besatu dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas di Desa masing-masing.

Dengan kegiatan Saweu Keude Kupi ini kita mengajak para tokoh masyarakat yang hadir untuk mewaspadai serta mencegah peredaran narkoba di Desa Jantho Baru khususnya dan Se Kecamatan Kota Jantho pada umumnya.

Pada kesempatan ini juga saya harapkan agar masyarakat hindari sekecil mungkin kekerasan di dalam rumah tangga, jauhkan perbuatan keji tersebut yang dapat merusak hubungan kekeluargaan.

Sambutan Kapolsek Kota Jantho Iptu Safriadi, SE Menyampaikan Himbauan dan Pesan Kamtibmas sebagai berikut Menyangkut Pileg dan Pilpres 2019, saya selaku Kapolsek Kota Jantho mengajak dan menghimbau kepada seluruh warga Desa Jantho Baru mari kita sukseskan bersama dengan aman, damai dan sejuk dalam hal ini salah satunya dengan menghidupkan kembali poskamling di Desa Jantho Baru.

Diharapkan kepada warga agar dapat memahami kembali tentang bagaimana penyeselaian 18 perkara di gampong.
Dalam Peraturan Perundang-Undangan, gampong sebagai entitas adat diberikan kewenangan dalam penyelesaian sengketa dan perselisihan yang terjadi wilayah gampong masing-masing. Namun, kewenangan tersebut dibatasi dalam 18 hal. Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kehidupan Adat dan Istiadat Gampong, ada 18 jenis sengketa/perselisihan yang dapat diselesaikan secara adat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kanit Binmas Polres Aceh Besar AKP Yulizar Lubis, Kapolsek Kota Jantho Iptu Safriadi, SE, Danramil Kota Jantho Kapten Parianto, Kanit Binmas Polsek Kota Jantho Bripka Hermanto T, Para Geuchik Se Kecamatan Kota Jantho, Tokoh Agama Desa Jantho Baru, Tokoh Masyarskat, Tokoh Adat, Personil Sat Binmas Polres Aceh Besar, Bhabinkamtibmas Polsek Kota Jantho, Anggota Koramil Kota Jantho, Warga Desa Jantho Baru ± 80 Orang.

Comments

comments