Www.tribratanewsacehbesar.com– Sosialisasi tentang Penyuluhan Hukum dan Narkoba Bagi siswa dan siswi SMP Negeri 1 Leupung Kec. Leupung Kab. Aceh Besar. Selasa 09 April 2018 pukul 08.30 wib.

Adapun dalam Kegiatan Sosialisasi tentang Penyuluhan Hukum dan Narkoba Bagi siswa menjadi Pemateri Kasi Humas Aiptu Samino dan Kanit Binmas Aipda Hendry Darmawan.
Dalam sosialisasi tersebut Menyampaikan Tentang Aspek Hukum, Pencegahan dan Penyalahgunaan Narkoba, dan saat ini sangat kita sayangkan dan sekarang kita melihat ramainya anak-anak yang telah terjerumus menggunakan Narkotika, dari mulai mencoba -coba sehingga menjadi ketagihan / Kecanduan .

Menurut UU No.35 tahun 2009 ,Narkotika digolongkan kedalam tiga golongan yaitu;

1.) Narkotika Golongan I
Hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.
Contoh: Heroin, kokain,Opium, Ganja, Sabu,Extacy, dan lebih dari 65 jenis lainnya

2.) Narkotika Golongan II
Berkhasiat untuk pengobatan digunakan untuk pilihan terakhir dan dapat digunakan dalam terapi atau untuk tujuan pengembangan ilmun pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi ketergantungan .Contoh : Pertidin, Fentanil, Metadon.

3.) Narkotika Golongan III
Banyak digunakan dalam terapi dan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan ketergantungan.
Contoh : Codein , Burpernorfin, Etilmorfina.

Ketergantungan Narkotika adalah kondisi yang ditandai oleh dorongan untuk menggunakan Narkotika secara terus menerus dengan takaran yang meningkat. Selanjutnya pemateri Menyampaikan tentang Hukuman Penjara Bagi Pemakai, Pengedar, dan Kurir Narkoba dan bagi para pemuda jangan mudah terpengaruh dengan ajakan teman yang mengajak mencoba Narkoba karena itu hal yang salah, pertama mencoba nantinya akan ketergantungan narkoba sehinga psikis dan kejiwaan kita akan terganggu.

Dan Upaya Yang harus dilakukan dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba antara lain :

Pelatihan berbasis Ketrampilan, Kegiatan Alternatif berbasis kegemaran seperti aktif dalam organisasi dan Seni .
– Menciptakan Keluarga yang sehat, serasi, harmonis dan Kasih sayang
-Komunikasi terbuka,
-Memberikan Pendidikan yang baik.
-Ikut serta dalam mengawasi penyalahgunaan Narkoba sesuai Ketentuan UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan melakukan penyuluhan dan Kampanye pencegahan penyalahgunaan Narkotika, dan merujuk Korban pengguna Narkoba ketempat Pengobatan.

Comments

comments