Aceh besar – Rabu, 13 Maret 2019, Pkl.09.00 s/d selesai bertempat di Aula IOM Polres Aceh Besar telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pendataan bantuan sosial (Bansos) Di wilkum Polres Aceh Besar yang di sampaikan oleh team dari Dinas Sosial Kab. Aceh Besar.

Dan Pelaksanaan Anev Bhabinkamtibmas mengevaluasi Tugas para Bhabinkamtibmas di Desa dan menampung segala Aspirasi di masyarakat dalam menjaga harkamtibmas di gampong di masing-masing Desa dalam menditeksi dini kegiatan yang melanggar hukum agar tidak menjadi komplik sosial.

Arahan Waka Polres mewakili Kapolres Aceh Besar.
– Menyampaikan tentang kemitraan polri dengan masyarakat
– Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan para perangkat desa dalam setiap Pemecahan masalah
– Setiap bhabinkamtibmas harus bisa berprestasi dan Motipasi di Masyarakat
– Lakukan deteksi dini dalam melaksanakan setiap kegiatan di lapangan
– Ciptakan situasi dan kondisi di lapangan dengan aman
– Babhinkamtibmas agar meningkatkan kewaspadaan dan mawas diri dalam menjalankan tugas sambang di desanya serta pada tempat-tempat umum, semua itu tidak terlepas dari peran polri yang hadir setiap saat di masyakat agar masyarakat mersa aman dan tentram.

dalam kegiatan tersebut dari Kadis Dinas Sosial Kab. Aceh Besar. Drs. RUSDI memberikan arahan berupa “Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH.
– Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.
Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.
– Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.
Melalui PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan  pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi,perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.
– PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.
– Bansos Rastra adalah bantuan sosial beras sejahtera yang di berikan masyarakat miskin, bansos Rastra di berikan 10 kg beras, sesuai surat edaran Mendagri untuk penyaluran Bansos Rastra paling lambat setiap tgl 25 bulannya. ”

Peserta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 98 orang.

Dalam kegiatan Anev Kanit Binmas, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Aceh Besar serta Sosialisasi Tentang Bansos berjalan tertip aman dan lancar.

Comments

comments